Powered By Blogger

Kamis, 20 Januari 2011

INTERNET DAN PERKEMBANGANNYA

INTERNET DAN PERKEMBANGANNYA
Internet merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer pribadi yang tersebar dis eluruh dunia. Dengan menggunakan protocol transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP) dan didukung oleh media komunikasi seperti satelit dan paket radio, internet telah memungkinkan komunikasi antara komputer dengan jarak yang tidak terbatas.
Internet dapat menghubungkan computer dan jaringan computer yang berada ratusan Negara dan departemen atau instansi baik swasta maupun pemerintah. Melalui internet, siapa saja dapat dengan leluasa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai tempat. Informasi yang dapat diaksespun dapat berupa teks, grafik, suara maupun video.
Jaringan internet juga dapat digunakan sebagai media conferens dimana juimlah orang mealakukan diskusi tanpa harus bertatap muka langsung atau satu dengan yang lainnya, tetapi hanya melalui layer computer pribadi masing-masing. Jaringan internet memungkinkan dibangunnya sebuah SI e-Busines untuk dapat mengintegrasikan data transaksi yang terjadi di berbagai terminal yang tersebar di berbagai tempat di dunia ini.
Untuk menghubungkan diri ke internet tidaklah sulit. Sistem jaringan yang sudah dibangun di dalam perusahaan dapat dihubungkan dengan sebuah modem yang terkait dengan jalur telepon, atau bahkan kini telah tersedia fasilitas melalui ponsel dan teknologi wireless lainnya.
Para pemain dalam komunikasi berbasis ponsel seperti Nokia, Ericson, dan Motorola beserta dengan Microsoft sebagai vioner dalam bidang teknologi computer telah mengembangkan teknologi bluetuth (wireless).
Teknologi komunikasi non kabel tersebut telah mampu memberikan layanan komunikasi yang dinamis dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Bahkan kini melalui pengembangan infrastruktur internet yang semakin baik, telah tersedia fasilitas multimedia internet yang memungkinkan mengalirnya data dan informasi berupa gambar, suara animasi dan video.
Internet yang semakin popular ini terus dikembangkan oleh Negara adi daya Amerika Serikat. Apalagi pada tahun 1998, Presiden Bill Clinton menganjurkan kepada kongres untuk mendukung program prestisiusnya, yang dikenal dengan istilah next generation internet (NGI) yang diharapkan selesai pada awal abad 21.
Presiden Clinton waktu itu mengataakan, “Kita harus memberi kemudahan seseorang untuk menjelajahi sesuatu yang ada di dunia Cyber. Untuk itu, kondisikan bagaimana caranya agar setiap hari jangan hanya segelintir orang Amerika, tetapi jutaan orang Amerika merasa nikmat dan nyaman berselancar menggunakan Word Wide Web di internet baik saaat berada di sekolahan, perpustakaan, rumah maupun mengurusi bisnis.
Bilamana proyek NGI ini benar-benar terwujud, maka semakin banyak perusahaan maupun perorangan yang menggunakan internet sebagai basis pengembangan usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar