Powered By Blogger

Minggu, 30 Januari 2011

Neil Alden Armstrong

 Neil Armstrong
Neil Alden Armstrong (lahir 5 Agustus 1930) adalah seorang penerbang Amerika dan seorang mantan astronot, uji coba, insinyur aerospace, profesor universitas, dan Amerika Serikat Naval Aviator. Dia adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Sebelum menjadi astronot, Armstrong berada di Angkatan Laut Amerika Serikat dan melihat aksi dalam Perang Korea. Setelah perang, ia menjabat sebagai uji coba di Komite Penasihat Nasional untuk Aeronautics (NACA) High-Speed Penerbangan Station, sekarang dikenal sebagai Dryden Flight Research Center, di mana ia terbang lebih dari 900 penerbangan dalam berbagai pesawat. Sebagai pilot penelitian, Armstrong menjabat sebagai pilot proyek F-100 Super Sabre A dan pesawat C, F-101 Voodoo, dan Starfighter Lockheed F-104a. Dia juga menerbangkan Bell X-1B, Bell X-5, Amerika Utara X-15, F-105 Thunderchief, F-106 Delta Dart, B-47 Stratojet, KC-135 Stratotanker dan Paresev. Dia lulus dari Universitas Purdue dan University of Southern California.

spaceflight pertama adalah pesawat Gemini 8 tahun 1966, yang ia adalah perintah pilot, menjadi salah satu warga sipil AS pertama yang terbang di angkasa (Joseph Albert Walker adalah AS pertama sipil di luar angkasa beberapa tahun sebelumnya). Pada misi ini, ia melakukan docking berawak pertama dari dua pesawat ruang angkasa bersama dengan pilot David Scott. spaceflight Armstrong kedua dan terakhir adalah sebagai komandan misi dari 11 misi pendaratan bulan Apollo pada tanggal 20 Juli 1969. Pada misi ini, Armstrong dan Buzz Aldrin turun ke permukaan bulan dan menghabiskan 2 ½ jam menjelajahi sementara Michael Collins tetap di orbit di Modul Komando. Armstrong adalah penerima Kongres Space Medal of Honor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar