Powered By Blogger

Jumat, 11 Februari 2011

Etika Menggunakan E-mail


Etika Menggunakan E-mail


Dalam menggunkan e-mail, terkadang kita harus mengikuti etika yang ada agar e-mail kita bisa terkirim ke penerima. Untuk itu, ada beberapa etika yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail :

- Tidak menulis email menggunakan huruf besar semua. Email yang keseluruhan pesannya ditulis dengan huruf besar dapat dipersepsikan sebagai berteriak atau marah.
- Biasakan untuk menulis judul (Subject) dengan jelas dan sesuai dengan isi pesan.
- Jangan sekali-kali mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang sekaligus (untuk promosi misalnya). Ini beresiko alamat email anda dimasukkan daftar hitam sebagai perngirim junk-email (email sampah).
- Untuk pesan ke orang yang tidak begitu anda kenal, pakailah bahasa yang sopan. Terlebih bila anda tidak mengetahui usia atau posisi orang yang kirim.
- Mempertimbangkan dengan baik-baik apa yang ditulis.
- Tidak melampirkan file apapun pada emil sebelum ada kesediaan dari calon penerima email.
- Biasakan menggunakan email dengan format plain text.
- Bila ingin memberitahu keberadaan sebuah website yang menarik pada orang lain, jangan memuat seluruh isi website itu. Cukup tulis saja alamatnya.
- Jangan membicarakan orang lain atau pihak lain, apalagi kejelekannya.
- Jangan gunakan CC (Carbon Copy). Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamt emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar