Powered By Blogger

Selasa, 15 Februari 2011

 Tugas TIK Rangkuman materi K.D 2.2

 Tugas TIK Rangkuman materi K.D 2.2
Guru Pembimbing:Ismawati
















Anggota :Nur kholis
Agung A.D
M.Farid S
Metro G.W










Daftar Isi :
1 . Jenis- jenis layanan yang ada di internet dan manfaatnya
2 . Mengenal E-Mail:
A .Sejarah E-Mail
B .Anatomi alamat E-Mail
3 . Jenis- jenis E-Mail
4 . Istilah – Istilah penting dalam E-Mail
5 . Etika dalam menggunakan E-Mail
6 . Membuat E-Mail berbasis web
7 . Cara kerja E-Mail
A . Mengirim E-Mail
B . Menambahkan Lampiran\Atachment
C . Melakukan Reply
D . Melakukan Forward











1 . Jenis- jenis layanan yang ada di internet dan manfaatnya
1. World Wide Web (WWW)
digunakan untuk mencari Dokumen WEB dibuat dengan menggunakan format Hypertext
2. Email (electronik mail)
Untuk mengirimkan surat elektronik melalui internet
3. IRC (Internet Relay Chat)
Dengan IRC Anda bisa bercakap-cakap dengan teman Anda yang berada di tempat yang jauh
4. FTP (File Transfer Protocol)
Anda bisa mengirimkan atau mrngambil file-file Anda ke komputer yang sangat juh lewat Internet.
5. TELNET (Remote Login)
Telnet digunakan sebagai mekanisme untuk memasuki komputer lain sebagai pengguna..
6. USERNET
Usernet merupakan layanan berupa pengiriman email ke suatu grup diskusi yang memiliki topik diskusi tertentu.
7. Mailing List
di gunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi melalui e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi.


8. Gopher
untuk mencari informasi yang ada di internet.
9. E-Banking
nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan saldo rekening, transfer dana antar rekening atau antar bank, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan seperti: listrik, telepon, kartu kredit, dll. Dengan memanfaatkan e-banking banyak keuntungan yang akan diperoleh nasabah terutama apabila dilihat dari banyaknya waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah memiliki sarana pendukung untuk melakukan layanan e-banking tersebut.
10. E-Learning
memungkinkan pelanggan korporasi untuk menyelenggarakan pelatihan untuk karyawannya dengan efektivitas biaya, waktu, dan ruang yang lebih tinggi daripada penyelenggaraan pelatihan konvensional.
11. Internet Phone/Conference
Untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET.
12. WAIS Server
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET.

2 . Mengenal E-Mail:
A .Sejarah E-Mail
E-mail bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.


Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".

B .Anatomi alamat E-Mail
Format umum
Meskipun ada beberapa konvensi, tidak ada aturan khusus tentang format alamatemail. Sebuah alamat email biasanya terdiri dari 4 elemen.

name@company.organization kode code.country

Unsur keempat, "lokasi", biasanya dihilangkan untuk situs di Amerika Serikat.

Berikut adalah contoh dari sebuah alamat email untuk seseorang di Amerika Serikat:

lobster@ocean.net (Amerika Serikat adalah tersirat)

Berikut adalah contoh dari sebuah alamat email untuk seseorang di luar AmerikaSerikat:

nstattoo@fox.nstn.ca (ca = Kanada)
Nama

"Nama" adalah nama orang atau posisi kepada siapa Anda mengirim email. Nama iniselalu muncul sebelum @ [at] simbol.

Jika Anda memiliki alamat email melalui organisasi Anda, Anda mungkin tunduk pada peraturan organisasi untuk menetapkan nama Anda. Kebanyakan ISP memungkinkan Anda untuk memilih apa pun yang Anda inginkan untuk nama email. Terkadang, jikaAnda memilih nama populer atau milik penyedia raksasa seperti America Online, nama yang Anda inginkan mungkin sudah digunakan dan Anda harus memilih lain.

Berikut adalah beberapa contoh nama email:

* kabade@crlc.org
* tedevets@tiac.net
Perusahaan
Company adalah sebutan yang unik untuk komputer menyimpanemail email itu. Ini biasanya nama organisasi yang memiliki mesin.
Berikut adalah beberapa contoh nama mesin:
kabade@crlc.org (crlc = Capitol Region Council Library)
tedevets@tiac.net (tiac = Akses Internet Perusahaan)
membership@huge.org (besar = Hartford User Group Exchange)
Kode Organisasi [nama domain tingkat atas]

Organisasi kode [Juga disebut "top-level domain Nama"] adalahkode Tiga Huruf Yang jenis dan menunjuk Komputermengoperasikan Organisasi Yang mana email disimpanPenerima adalah.

Berikut adalah beberapa contoh kode Organisasi:

* kabade@crlc.org (org = Organisasi nirlaba)
* tedevets@tiac.net (Jaringan atau = ISP bersih)

Kode Negara
Lokasi adalah kode yang digunakan untuk menunjuk negara dimana komputer danorganisasi berada. Banyak alamat di AS tidak termasuk simbol lokasi, tapi beberapa.Untuk membuat hal lebih membingungkan, beberapa alamat pemerintah AS mencakupnegara dan simbol negara. Alamat di negara lain selalu menyertakan kode negara.

Catatan: Anda dapat memberitahu bahwa contoh alamat kita telah menggunakan dalam presentasi ini adalah di AS karena tidak ada simbol lokasi.

3 . Jenis- jenis E-Mail
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda

Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.

Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat

b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web

Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja

Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.

c. Email Forwarding

Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.

Metode Pengiriman

Untuk mengirim email kita memerlukan suatu program mail-client. Email yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan

Mengakses Email

Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.


Menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.

Menggunakan program pengakses email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.



4 . Istilah – Istilah penting dalam E-Mail
To:Alamat email (es), dan nama opsional (s) dari penerima pesan itu (s).Menunjukkan penerima primer (beberapa diperbolehkan), bagi penerimasekunder lihat Cc: dan Bcc: di bawah ini.
 Subject:Sebuah ringkasan singkat tentang topik pesan. Singkatan tertentu yangbiasa digunakan dalam subjek, termasuk "RE:" dan "FW:"Bcc:
 Blind Carbon Copy; alamat ditambahkan ke daftar pengiriman SMTP tapi tidak (biasanya)tercantum dalam data pesan, sisa terlihat ke penerima lain.
 Cc: Carbon copy; Banyak email klien akan menandai email di inbox berbeda tergantung padaapakah Anda berada di kolom Ke: Daftar: atau Cc.
 Content-Type: Informasi tentang bagaimana pesan yang akan ditampilkan, biasanya tipeMIME.
 Precedence:biasa dengan nilai "bulk", "sampah", atau "daftar"; digunakan untuk menunjukkan bahwa "liburan" otomatis atau "keluar kantor" tanggapan tidakharus dikembalikan untuk surat ini, misalnya untuk mencegah pemberitahuanliburan dari yang dikirim ke semua pelanggan lain dari sebuah mailinglist.Sendmail menggunakan ini untuk mempengaruhi prioritas header emailantrian, dengan
 Precedence: khusus pengiriman pesan yang disampaikan lebih cepat. Dengan modern yang tinggi-bandwidth jaringan prioritas pengiriman kurang dari sebuah isudari sekali was.Microsoft Efek menghormati mekanisme respon haluspenindasan otomatis, header X-Auto-Response-Suppress.
 Received: Pelacakan informasi yang dihasilkan oleh server mail yang sebelumnyaditangani pesan, dalam urutan terbalik (penanganan terakhir pertama).
 References: Message-ID dari pesan bahwa ini adalah membalas, dan pesan-id daripesan sebelumnya jawaban balasan ke, dll.
 Reply-To: Alamat yang harus digunakan untuk membalaspesan.
 Sender: Alamat pengirim yang sebenarnya bertindak atas nama penulis yang tercantum dalam field Dari: (sekretaris, daftar manajer, dll).

5 . Etika dalam menggunakan E-Mail
Dalam menggunkan e-mail, terkadang kita harus mengikuti etika yang ada agar e-mail kita bisa terkirim ke penerima. Untuk itu, ada beberapa etika yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail :

- Tidak menulis email menggunakan huruf besar semua. Email yang keseluruhan pesannya ditulis dengan huruf besar dapat dipersepsikan sebagai berteriak atau marah.
- Biasakan untuk menulis judul (Subject) dengan jelas dan sesuai dengan isi pesan.
- Jangan sekali-kali mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang sekaligus (untuk promosi misalnya). Ini beresiko alamat email anda dimasukkan daftar hitam sebagai perngirim junk-email (email sampah).
- Untuk pesan ke orang yang tidak begitu anda kenal, pakailah bahasa yang sopan. Terlebih bila anda tidak mengetahui usia atau posisi orang yang kirim.
- Mempertimbangkan dengan baik-baik apa yang ditulis.
- Tidak melampirkan file apapun pada emil sebelum ada kesediaan dari calon penerima email.
- Biasakan menggunakan email dengan format plain text.
- Bila ingin memberitahu keberadaan sebuah website yang menarik pada orang lain, jangan memuat seluruh isi website itu. Cukup tulis saja alamatnya.
- Jangan membicarakan orang lain atau pihak lain, apalagi kejelekannya.
- Jangan gunakan CC (Carbon Copy). Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamt emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.


6 . Membuat E-Mail berbasis web
1. Untuk membuat akun friendster atau mendaftar di friendster.com kita awali
Dengan membuka alamat www.friendster.com

2. untuk memulai mendaftar di friendster cukup mudah, kamu tinggal masukkan alamat email kamu yang masih aktif, kemudian klik pada tombol Join New. perhatikan gambar di bawah ini.
Setelah klik pada tombol Join Now nanti akan ada perintah agar kamu mengecek email kamu.

5. Silahkan login pada email kamu, Cek di kotak masuk, dan buka email yang dari friendster.com

6. isi dari email tersebut berisi perintah untuk melakukan verisikasi email, silahkan klik pada tombol Verify email seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

7. setelah kamu klik tombol Verify email, nanti akan diarahkan ke halaman baru yang berisi formulir isian data pribadi kamu untuk melanjutkan proses pendaftaran di friendster.


8. Silahkan lengkapi formulir pendaftaran di friendster, Jika data pribadi sudah dimasukkan semua, silahkan klik pada tombol register.jika data yang dimasukkan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku maka setelah kamu klik pada tombol register akan diarahkan ke halaman baru, yaitu bagian upload foto profil, untuk foto ini boleh diupload dan juga boleh tidak diupload jadi terserah kamu.Jika tidak ingin mengupload foto silahkan klik pada tombol Skips this , sedangkan jika ingin mengupload foto silahkan klik pada tombol Browse

9. Setelah tombol browse di klik nanti akan muncul jendela untuk memilih gambar, silahkan pilih gambar atau foto yang akan diupload, setelah diupload silahkan klik tombol open.

10.Setelah itu klik pada tombol Upload. untuk pilihan caption bisa diisi bisa tidak diisi,

Jika halaman sudah berubah berati proses upload sudah berhasil. Biar tidak repot tidak usah import teman dari email kamu. Kita langsung saja kembali ke halaman utama Frintester.com, silahkan klik tulisan friendster yang ada di pojok kiri atas, Berarti kamu sudah membuat FS kamu sendiri.


A . Mengirim E-Mail

1 .Klik Tombol COMPOSE pada yahoo mail anda
2 .Isilah kolom-kolom yang tersedia:
a. To – untuk alamat tujuan
b. Subject – untuk judul dari e-mail
c. Kolom putih besar - untuk si ari e-mail
Setelah itiu, kliklah tombol “Send”

B . Menambahkan Lampiran\Atachment

1 .Pada halaman penulian E-Mail, kliklah tombol “Atach File”
2 .Kliklah tombol “Browse” dan pilih berkas yang akan dilampirkan
Setelah selesai memasukkan lokasi berkas-berkas yang akan dikirimkan ,kliklah “Attach files”
3 .Setelah itu kliklah “Attach More” dan ulangi dari thap kedua
4 .Kemudian tulislah E-Mail seperti biasa
5 .Kliklah “Send”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar